Advertisement

BERITA TERKINI

Persaingan Calon Kapolri Ketat

By bandungrealitas - Jumat, 24 Mei 2013


JAKARTA, (PRLM).- Persaingan sejumlah kandidat untuk menggantikan Kapolri Jenderal Timur Pradopo yang akan memasuki usia pension, diperkirakan akan berlangsung ketat. Pasalnya para calon yang semuanya perwira tinggi berbintang tiga dan dua mempunyai kelebihan masing-masing. 

"Saya rasa rivalitasnya cukup tinggi diantara para calon yang ada. Keputusan Presiden SBY kita tunggu di DPR. Seharusnya beliau tahu yang terbaik karena selama 9 tahun sebagai kepala pemerintahan tentu dapat mengamati perjalanan karir para perwira," kata Anggota Komisi III DPR RI Martin Hutabarat kepada wartawan sebelum rapat paripurna di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/5/13). 

Politisi Fraksi Partai Gerindra ini mengingatkan calon Kapolri harus paham tantangan tugas untuk melanjutkan proses reformasi ditubuh kepolisian. Menurutnya masih terjadi celah yang cukup lebar antara harapan masyarakat dengan postur kepolisian saat ini.

Disamping itu lanjut Martin, beban yang tidak kalah berat adalah mengamankan jalannya Pemilu 2014. 

"Kapolri harus bisa menjaga supaya suasana pemilu kondusif, karena kita sudah 2 kali pemilu relatif berjalan damai, itu harus tetap dijaga Kapolri yang akan datang," tekannya. 

Sejauh ini Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) sudah menyiapkan 9 calon Kapolri yaitu Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Sutarman, Gubernur Lembaga Pendidikan Kepolisian Komjen Budi Gunawan, Kepala BNN Komjen Anang Iskandar. 

Tiga kandidat ini mendapat banyak dukungan publik berdasarkan hasil polling dari situs Kompolnas.go.id. Enam kandidat lain Kapolda Metro Jaya DKI Jakarta Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno, mantan Kapolda Jawa Timur yang kini menjabat sebagai Deputi Operasi Kapolri (Deops Kapolri) Badrodin Haiti, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Tubagus Anis Angkawijaya, Kapolda Sumatra Selatan Irjen Pol. Saud Usman Nasution, Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol. Anas Yusuf, dan Kapolda Bali Irjen Pol. Arief Wachyunadi. (A-109/A-26)***

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "Persaingan Calon Kapolri Ketat"

Leave a Reply

Advertisement