Advertisement

BERITA TERKINI

UU Perlindungan Orang Ditargetkan Terbit Tahun 2013

By bandungrealitas - Jumat, 24 Mei 2013


BANDUNG, Bandung Realitas- Pihak DPR RI menaruh perhatian serius atas kondisi yang terjadi akhir-akhir ini, diantaranya masalah perlindungan manusia baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. Hasil studi ke New York USA beberapa waktu lalu, terungkap jumlah kasus penjualan wanita dengan rentang umur 20 tahunan dari Indonesia menempati jumlah tinggi. 

Terkait hal tersebut, sebagai solusi untuk mengatasi hal tersebut regulasi baru yang khusus mengatur soal perlindungan orang berupa UU layak untuk segera diterbitkan

Di DPR RI, RUU tentang hal tersebut kini tengah dalam tahap pembahasan, untuk kepentingan perlindungan orang kini sedang dibahas RUU tentang Perlindungan TKI di luar negeri. RUU tersebut ditargetkan selesai menjadi UU dalalm tahun ini, papar Anggota Komisi 1 DPR RI, R. Adjeng Ratna Suminar ketika dihubungi jabarprov.go.I'd (21/5) di sela-sela kegiatan di Bandung. 

Adjeng, lebih lanjut memaparkan UU yang mengatur perlindungan orang. Khususnya di luar negeri kini merupakan kebutuhan yang mendesak, dari beberapa kasus yang menimpa TKI di luar negeri seperti Malaysia dan Arab Saudi ketika terjadi kejadian tersebut. mempertanyakan bagaimana perlindungan dari negara asal TKI sehingga untuk antisipasi kejadian serupa kini diperlukan payung hukum berupa UU. 

Di sisi lain, perlindungan orang patut juga diperkuat di dalam negeri sendiri. Jika kita lihat beberapa kasus yang terjadi akhir-akhir ini, antara lain kasus kerusuhan antar warga, patut didorong penanaman kembali nilai-nilai Pancasila di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ujar Adjeng kini perlu terus disosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada segenap komponen bangsa. (Nur)

SUMBER: jabar.go.id

Follow our blog on Twitter, become a fan on Facebook. Stay updated via RSS

0 komentar for "UU Perlindungan Orang Ditargetkan Terbit Tahun 2013"

Leave a Reply

Advertisement